Sabtu, 12 Januari 2008

"Sekilas" Film Noir

Film noir dideskripsikan sebagai film yang tampil dengan suasana gelap. Noir adalah kata dalam bahasa Perancis yang berarti hitam. Film noir muncul pada tahun 1940, namun istilah noir sendiri baru dimunculkan oleh para kritikus film setelah Perang Dunia II.

Setelah perang usai, kritikus film asal Perancis melihat sebuah perubahan pada film-film Amerika. Banyak film yang tidak lagi bernuansa cerah seperti sebelum perang. Film-film kebanyakan jadi cenderung memiliki suasana gelap dan pesimistis. Seperti Hollywood baru menyadari kerasnya kehidupan di dunia dan kengerian yang dihasilkan oleh perang.

Film noir menampakan sisi lain dari kehidupan. Pahlawan yang terkalahkan, manusia yang manipulatif, dan agenda politis yang tersembunyi, semuanya ditampakkan. Lighting yang digunakan dalam film Noir selalu gelap, menciptakan bayangan panjang, dan atmosfir klaustropobik.

Fatalisme banyak mempengaruhi plot-plot dalam film noir. Para pahlawan seperti berada dalam jalur menuju kehancuran mereka. Sebagian besar dari hal ini kebanyakan erat kaitannya dengan femme fatale. Femme fatale adalah potret wanita yang belum pernah terlihat sebelumnya. Mereka sangat menarik bagi protagonis pria. Mereka bisa menyebabkan pria untuk membunuh siapapun demi si wanita. Korban pembunuhan kebanyakan adalah istri si pria. Kini di film noir, peran gender sudah berubah, wanita biasanya memiliki karakter yang lebih kuat, kadang menjadi antagonis.

Film noir mengalami penurunan pada akhir 1950an. Cara pandang orang Amerika kembali menjadi lebih cerah dan film bernuansa gelap tak lagi banyak digemari. Televisi masuk ke kehidupan, acara-acara komedi dan musik Elvis Presley menggantikan popularitas film noir.

Memasuki tahun 70an, film noir mulai bangkit kembali. Feminisme mulai mencuat, dan pemerintah sekali lagi digambarkan sebagai pihak yang tidak dapat dipercaya. Film-film bertema perang Vietnam dan skandal Watergate banyak bermunculan. Contoh kebangkitan film noir dapat kita lihat pada film-film seperti Taxi Driver, Chinatown, Body Heat, Bladerunner, dan The Last Seduction. Kalau di Indonesia, contoh film noir bisa kita lihat pada film Kala.

www.filmpendek.org

Tidak ada komentar: